Rabu, 03 Desember 2014

TAFSIR AYAT SINCE ILMU PENGOBATAN JIWA (PSIKOTERAPI)



A. Ibadah dan pengaruhnya dalam memecahkan kesulitan?t

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'”(al baqarah: 45)
Para dokter  jiwa sepakat bahwa gejala strees(at-tawattur al-‘ashaby) itu bisa hilang dengan cara curhat (curahan hati) kepada teman atau orang terdekat. Kalau tidak ada orang yang di jadikan itu,  maka setidaknya cukuplah  allah sebagai tambatan (pengaduan) dan penolong. 
Akan tetapi , tidak dalam semua hal seseorang harus mencurahkan penderitaan-penderitaannya kepada sahabat atau orang terdekatnya. Disini tidak ada cara, selain harus mengembalikan semua perasaan dan rahasia kepada yang mengetahuinya. Yaitu sebagaimanatercantum dalam surah Al-Ghaafir :19
B. Zikir kepada allah ta’ala

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”( ar-ra’ad: 28)
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”(al jumu’ah:10)
Ilmu modern telah menetapkan bahwa kesuksesan (hidup)di dunia merupakan buah hasil ketenangan jiwa. Hal ini menjadi obsesi bagi kebanyakan orang sakitsaat kini yang sedang tertimpa kerusakaan. Sedangkan kegelisahan jiwa (hati) adalah sebuah pertanda atau presenden buruk untuk masa sekarang. 
Kegelisahaan memiliki banyak resiko, baik bersifat fisisk (jasadiyah) maupun mentalitas. Akibatnya, para pakar ilmu jiwamenetapkan bahwa bentuk interaksi-interaksi psikisdapat menimbulkan gerakan otot tak beraturan. Sehingga berakibat timbulnya infeksi pada lambung, dan perubahan rambut pada mata yang berada di balik putih-putihnya. Juga di barengi dengan hilangnya penglihatan yang di kenal dengan istilah “glukoma” (penyakit penyebab kebutaan)
Seseorang yang tidak beragama pada esensinya hanyak percaya pada dunia beserta kerlap-kerlip kemegahannya saja. Ia merasa wajib untuk berpuas diri dengan kenikmatan-kenikmatannya sebelum kematiannya. Maka, tidak heran jika mereka tidak lebih sebagai budak nafsu dan birahinnya. Akhirnya, banyak yang terjerumus pada keputusasaan dan frustasi, terlebih ketika ia tertimpa malapetaka dan musibah.
Demikian pula pada saat datangnya cobaan dan kesusahan, maka akan tampak jelas pengaruh keyakinan (akidah) ini didalam menahan keluhan. Bahkan, ia malah memilih untuk berserah diri dan rela. Hal ini merupakan tanda-tanda dan keutamaan ketenangan jiwayang paling urgen.

Senin, 01 Desember 2014

tAFSIR al-Qurthubi



I. PENDAHULUAN
Tafsir al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurthubi terkenal dengan nama tafsir al-Qurthubi. Tafsir ini lebih banyak menafsirkan ayat-ayat yang bernuansa fiqh dengan menampilkan pendapat imam-imam madzhab fiqh dan juga menampilkan hadis yang sesuai dengan masalah yang dibahas. Sehingga mempermudah masyarakat dalam mempelajari ilmu-ilmu fiqh, dan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan.
Sesuai dengan namanya tafsir ini menafsirkan  ayat-ayat yang mengandung hukum di Al Qur'an, metode yang ditempuh diantaranya menyebutkan sebab-sebab  Nuzul, mengemukakan macam qira’at, I’rab, menjelaskan lafadz yang gharib, menghubungkan pendapat yang menyatakannya, menyediakan paragraph khusus bagi kisah para mufasir dan berita-berita dari para ahli sejarah dan mengutip dari para ulama terdahulu yang terpercaya. Tafsir ini lebih condong menggunakan tafsir tahlili.  Tafsir ini merupakan salah satu kitab tafsir terbaik yang menafsirkan ayat-ayat hukum di dalam Al Qur'an.

II. PEMBAHASAN
A. Biografi Al-Qurthubi dan Karya-karyanya
Nama lengkap Al-Qurthubi adalah Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakar bin Farh Al Anshari Al Khazraji Al Andalui Al Qurthubi. Dia adalah seorang mufassir yang lahir dilingkungan keluarga petani di Cordova, Andalusia ( sekarang Spanyol) pada masa kekuasaan Bani Muwahhidun tahun 580 H/ 1184 M .  Disanalah dia mempelajari bahasa arab dan sya’ir serta Al-Qur’an Al Karim. Ia memperolah pengetahuan yang luas diantaranya dalam bidang fikih, nahwu dan qira’at, balaghah, ulumul Qur’an dan ilmu-ilmu lainnya. Ia datang ke Mesir dan menetap di sana . Ayahnya meninggal pada tanggal 03 Ramadhan 627 H / 16 juli 1230 M dalam sebuah serbuan musuh yang tiba-tiba menyerbu penduduk Cordova. Al-Qurthubi mempunyai 2 putra yaitu Abdullah dan Syaihabuddin Ahmad. Al-Qurthubi wafat di Mesir tepat pada malam senin tanggal 09 Syawal 761 H/29 April 1273 M. makamnya berada di Elmeniya ditimur sungai Nil dan sering diziarahi banyak orang. Tahun 1971 M di bangunlah masjid dengan nama masjid Al-Qurthubi. Ia hidup sampai berusia 89 menurut kalender masehi/ 91 menurut kalender hijriyyah.
Dia merupakan salah seorang hamba Allah yang shahih dan ulama yang sudah mencapai tingkatan ma’rifatullah. Ia sangat zuhud terhadap kehidupan dunia (tidak menyenanginya) bahkan ia selalu disibukkan oleh urusan-urusan akhirat. Usianya dihabiskan untuk beribadah kepada Allah dan menyusun kitab.  Ia juga seorang imam yang memiliki ilmu yang luas dan mendalam hingga banyak karyanya yang sangat bermanfaat dan menunjukan betapa luas pengetahuan dan sempurna kepandaiannya.
Adapun karya-karya Al-Qurthubi diantaranya adalah:
a. At-Tadzkirah fi Ahwal Al Mauta wa Umur Al Akhirah, merupakan sebuah kitab yang masih terus dicetak hingga sekarang, ditulis sebelum kitab tafsir Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an.
b. At-Tidzkar fi Afdhal Al Adzkar, masih dicetak hingga sekarang.
c. Al Asna fi Syarh Asma’illah Al Husna, menjelaskan seluruh  Al-Asma’ al-Husna  (nama-nama Allah ) yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.
d. Al I’lam bi maa fi Din An Nashara Min Al Mafashid wa Al Auham wa Izhar Mahasin Din al-Islam. terdiri dari 4 juz dalam satu jilid yang layak disebut sebagai buku kristologi, karena ia mengoreksi total tentang konsep ketuhanan Isa, tiga oknum dalam trinitas dan penyelewengan orang Kristen terhadap kitab sucinya (injil). 
e. Al-Jami’ li Aham al-Qur’an.
f. Syarh At- taqashshi
g. Qam’u Al Harsh bi Az Zuhd wa Al Qana’ah
h. Risalah fi Alqam al-Hadits
i. Kitab Al Aqdhiyyah
j.  Al Muqtabas fi Syarh Muwaththa’ Malik bin Anas
k. Al Luma’ fi Syarh Al ‘Isyrinat An-Nabawiyyah.
l. Al Mishbah fi Al Jami’ Baima al-af’aal wa Ash Shahah. Sebuah kitab tentang bahasa Arab yang merupakan hasil ringkasan Qurthubi terhadap kitab Al Af’aal karya Abu Al Qasim Ali bin Ja’far Al Qaththa’ dan kitab Ash Shahhah  karya jauhari 
Sedangkan Guru-guru Al Qurthubi diantaranya adalah:
1. Abu Al Abbas Ahmad bin Umar  bin Ibrahim al Maliki al Qurthubi, wafat pada tahun 656 H. dia adalah penulis kitab al Mufhim fi Syarh Shahih Muslim
2. Ibnu Rawwaj, yaitu imam Al- Muhaddits (ahli hadis)  Abu Muhammad Abdul Wahab bin Rawwaj. Nama aslinya adalah Zhafir bin Ali bin Futuh al-Azdi al Iskandarani al maliki.  Lahir di Iskadaria  (554 H/ 1159 M) , dan wafat pada tahun 648 H.
3. Ibnu Al Jumaizi, yaitu al Allamah Baha’uddin Abu Al Hasan Ali bin Hibatullah bin Salamah al Mashri  Asy Syafi’i. lahir di Mesir 559 H/ 1163 M dan wafat kamis 24 Dzulhijjah 649 H / 08 Maret 1252 M.
4. Al Hasan al Bakari,yaitu Al Hasan bin Muhammad bin Muhammad bin Amaruk At-Taimi an Naisaburi as-Dimsyaqi, sering dipanggil dengan nama Abu Ali Shadruddin Al Bakari. Lahir di Damaskus 574 H, wafat pada 12 Dzulhijjah 656 H/ 10 Desember 1258 M .

Pemikiran Mushtafa Siba’i Tentang Kritik Hadis




A. Pendahuluan
Hadits sebagai sumber ajaran islam yang kedua –seperti yang banyak dibahas dalam beberapa literatur- setelah al-Quran, bagi umat islam yang mempercayainya, merupakan khazanah dan warisan yang sangat berharga. Untuk membuktikan itu, mereka melakukan berbagai upaya menjaga dan memelihara dari berbagai upaya negatif yang dilakukan pihak-pihak yang akan mengotorinya. Karena jika hadits yang di dalamnya memuat pernyataan, pengamalan, pengakuan, dan segala hal ihwal tentang Nabi Muhamamd SAW. Tidak dipelihara maka ajaran islam tidak akan seimbang.
Berdasar pada perlunya suatu metode yang standard dan benar dalam penilaian dan penelitian sunnah, menunjukkan betapa besar keseriusan umat Islam dalam melestarikan sunnah sebagai sumber pokok ajaran agama. Hal ini dapat dilihat dari keseriusan dan kesungguhna para sahabat dalam mendapatkan, menjaga kemurnian sunnah. Para sahabat terobsesi untuk mengikuti segala apa yang mereka lihat dan dengar dari Nabi SAW. Mereka bertekad untuk mendata sunnah Rasulullah. Karenanya ada di antara mereka yang mengadakan giliran mengikuti majelis-majelis ilmu yang dilaksanakan Nabi SAW. Mereka yang tidak bisa menghadiri majlis ilmu Nabi SAW dapat memperoleh keterangan-keterangan melalui sahabat lain yang menyertai Nabi. Demikian itu mereka lakukan secara bergantian dan terus menerus.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Biografi mushtafa siba’i?
2. Bagaimana Pemikiran kritik hadis mushtafa siba’i?
C. Pembahasan
1. Biografi Mushtafa Siba’i
Nama lengkapnya adalah Mushthafa bin Husni al-Siba’i. Ia lebih dikenal dengan nama al-Siba’i. Dilahirkan di kota Hims, Syria pada tahun 1915 M, bertepatan dengan tahun 1333 H. Ia berasal dari kalangan ulama. Ayah dan kakeknya adalah seorang khatib terkenal di Masjid raya Hims. Dalam dunia islam al-Siba’i dikenal sebagai seorang tokoh gerakan islam yang alim dan faqih. Beliau memulai pendidikannya di kampung halamannya, mulai ilmu agama, keorganisasian, maupun politik yang langsung ditimba dari ayahnya. Al-Siba’i amat terwarnai oleh sosok sang ayah, Syeikh Husni Al-Siba`i. Seorang Ulama yang gigih menantang kaum imperialis. Ayahnya berjuang dengan harta dan jiwanya dalam menghadapi penjajahan Perancis. Al-Siba`i pun kerap mengikuti pengajian yang dibawakan oleh ayahnya.
kemudian pada usia ke-18 tahun ia melanjutkan pendidikannya ke al-Azhar Mesir hingga menyelesaikan pendidikan Doktor dalam bidang Syari’ah dan Sejarah Pemikiran Hukum Islam. Di kota inilah pula al-Siba’I memulai perkembangan intelektualnya, dan bahkan terjun ke aktivitas politik dengan bergabung dengan Hasan al-Banna, tokoh Ikhwan al-Muslimin.
Setahun setelah menyelesaikan program doktornya, al-Siba’I pulang ke kampung halamnnya pada tahun 1950. Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang memposisikan dirinya sebagai ahli hukum atau syari’at Islam dan sejarah, yang juga mendudukannya sebagai tokoh yang ahli dalam disiplin hadits dan sejarah, ia aktif mengajar di perguruan tinggi, di organisasi keislaman dan di dunia penerbitan.
Adapun karya-karyanya, antara lain:
a. As-Sunnah Wa makanatuha Fî At Tasyri
b. al-mar’ah Baina al-Fiqh wa al-Qanun
c. Hakadza ‘Allamatni al-hayāh, 
d. al-Sirah annabawiyah Durus wa ‘Ibar, 
e. al- Din wa ad-daulah Fi al-Islām, 
f. al-isytisyraq wa Al-musytasyriqunm (Orientalisme dan kaum Orientalis). 
g. Jihâduna Fi Falistin, 
h. Manhajuna Fi Al-islhah, 
i. As-shira Bainal qalb wal `Aql

2. Pemikiran Kritik Hadis Mushtafa Siba’i
a. Kodifikasi hadis
Kodifikasi hadits adalah upaya, pengumpulan dan pembukuan hadits dalam satu kitab atau mushaf. Musthafa as-Siba’i berpendapat tentang  pembukuan hadits, bahwa tidak ada perselisihan pendapat di antara para penulis biografi Nabi dan para ulama Hadits dan para shahabat, bahwa al-Qur’an mendapat perhatian yang khusus dari Nabi SAW, sehingga terpelihara dalam hafalan dan tertulis dalam lembaran-lembaran, pelepah kurna, batu lempengan dan lain-lain. Karena itu wajar ketika Rasulullah SAW wafat al-Qur’an tetap utuh dan tertib, tidak ada yang kurang, kecuali belum disatukan dalam satu mushaf.
Selanjutnya, bagaimnakah dengan nasib Hadits. Sebenarnya tidak terdapat perbedaan pendapat bahwa hadits atau sunnah memang belum di tercatat secara resmi seperti tercatatnya al-Qur’an. Keadaan demikian, menurut Musthafa al-Siba’I sebagaimana yang dikutip oleh M. Erfan Soebahar setidaknya dikarenakan tiga sebab. Pertama, bahwa Rasul SAW hidup bersama sahabat selama 23 tahun sehingga menuliskan ucapan, perbuatan dan pergaulana beliau secara utuh dalam mushaf dan lembaran-lembaran adalah suit dilakukan dari segi masalah lokasi. Sebab, hal itu membutuhkan adanya banyak orang (sahabat), sementara pada waktu itu orang yang mampu menulis masih sangat sedikit. Kedua, bahwa mayoritas orang Arab meyandarkan hafalan mereka kepada ingatan, sementara pada waktu itu para sahabat masih terkonsentrasi untuk menghafal al-Qur’an. Ketiga, bahwa adanya kekhawatiran tercampurnya al-Qur’an dengan hadits nabi yang sangat banyak konteksnya.
b. Teori  ta’dil dan al-jarh dalam penelitian sanad 

Ta’dil dalam term ‘Ulum al-Hadits mempunyai arti penilaian terhadap kualitas kredibilitas atau tingkat keadilan perawi hadits. Perawi hadits dapat dikatakan adil atau memiliki kredibiltas yang tinggi apabila dalam pribadi perawi hadits terintegrasi aspek spiritualitas,moral, dan intelegensi yang tinggi. Kalau sudah demikian, maka periwatannya dapat diterima. 
Adapun Al-Jarh mempunyai makna orisinalnya berkisar pada keinginan mencari cela, luka dengan tujuan untuk menyelamatkan sesuatu, bukan didasari oleh rasa benci, dendam atau sentimentil. Dalam konteks hadits dapat dikatakan bahwa al-jarh dilakukan untuk menyelamatkan hadits dari suatu yang mencemarinya., sehingga sesuatu yang dilukai atau dicela berakibat rendahnya kredibilitas atau tingkat keadilan perawi hadits. Kredibilitas yang disorot dari perawi hadits adalah hal-hal yang berkaitan dengan spiritualitas, moral dan intelegensi. Jika dari aspek-aspek tersebut tidak dapat dipenuhi oleh perawi hadits, maka kualifikasi perawi hadits tersebut memiliki kredibilitas yang rendah. Dengan demikian, dapat berakibat periwayatannya lemah atau ditolak. 
Dalam hal ini Musthafa al-Siba’I menuturkan bahwa penilaian ta’dil dan al-Jarh terhadap seorang perawi harus didasari pengetahuan yang obyektif tentang keadaan seorang perawi. Jika seorang perawi jujur, beriman, dan mempunyai daya hafal yang kuat, maka perawi tersebut dapat dikatakan adil. Dan sebaliknya jika seorang perawi sudah diketahui kebohongan, kefasikan, dan daya hafalnya yang rendah, maka perawi tersebut dapat dikatakan cacat. Subyektifitas yang dilatar belakangi oleh perbedaan madzhab tidak dapat dijadikan alasan untuk menta’dil atau menjarh seseorang. 
D. Penutup
Dengan latar belakang kehidupan yang begitu keras, maka tidak heran kalau al-Siba’i mengungkapkan pemikiran dan bantahannya dengan kata-kata yang pedas. Pemikirannya yang ia kemukakan hanyalah sebagai pembelaan terhadap sunnah. Beliau menguatkan pendapat-pendapat ulama terdahulu, ia menunjukkan argumen-argumen yang ditunjukkan untuk menfilter serangan-serangan para orientalis dan orang-orang inkar sunnah, lebih-lebih mengenai kodifikasi hadis yang pusat perdebatan mengenainya berada pada tokoh-tokoh sentral seperti ‘Umar ibn ‘Abd al-‘Aziz dan Syihab al-Din al-Zuhri. Ia seringkali digelari dengan gelar yang sama sebagaimana al-Syafi’i, yaitu Nashir al-Sunnah (pembela sunnah), karena sifatnya yang dikatakan membela sunnah.

Daftar Pustaka
Khair ad-Din az-Zirikli, al-Alam QamusTarajum, Juz VII
John L. Esposito, “al-Siba’I, Musthafa”, The Oxford Encyclopedia The Modern Islamic World, (New York: Oxford University Press, 1995), 
M. Erfan Subahar, Menguak Keabsahan as-Sunnah, (Jakarta: Prenada Media, 2003)
Musthafa as-Siba’I, As-Sunnah wa Makanatuha fi at-Tasyri’ al-Islami,(Beirut: Maktabah al-Islami, 1978),
M. Syuhudi Ismail, Kaedah Kesahihan Sanad Hadits, (Jakarta: Bulan Bintang, 1995)
‘Ajjaj al-Khatib, Ushul al-Hadits, Ulumuhu wa Musthalahuhu, (Beirut: Dar al-Fikr, 1989)
Musthafa al-Siba’I, as-Sunnah

JUJUR DAN DUSTA



I.       PENDAHULUAN
Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk Allah yang lain. Sebagai makhluk yang sempurna dan sebagai khalifah dibumi manusia dituntut untuk berakhlak terpuji, karena dengan akhlak terpuji manusia akan selamat didunia dan diakhirat. Dengan demikian hendaklah menghias diri dengan akhlak terpuji dimanapun berada, dimulai dengan berbuat baik terhadap diri sendiri, lingkungan keluarga, dan masyarakat.
Salah satu akhlak terpuji yang harus dimiliki oleh setiap manusia adalah bersikap jujur, karena kejujuran akan membawa pada kebaikan. Kejujuran merupakan pilar keimanan. Kejujuran merupakan kesempurnaan, kemuliaan, saudara keadilan, sebaik-baiknya ucapan, dan hiasan perkataan. 
II.    PEMBAHASAN
A.    Hadits tentang Jujur sebagai Prasarat Ilmiah dan Pahala Amaliah 
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى اللّه عليه وسلم : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَاِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا (اخرجه مسلم)
Dari Abdillah berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Kalian harus jujur, karena sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu menunjukkan kepada surga. Seseorang yang senantiasa jujur dan berusaha untuk jujur akan ditulis disisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian dusta, karena sesungguhnya dusta itu menunjukkan kepada keburukan, dan keburukan itu menunjukkan kepada neraka. Seseorang yang senantiasa berdusta dan berusaha untuk berdusta akan ditulis disisi Allah sebagai seorang pendusta.”[1]
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلًا جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا عَمَلُ الْجَنَّةِ قَالَ الصِّدْقُ وَإِذَا صَدَقَ الْعَبْدُ بَرَّ وَإِذَا بَرَّ آمَنَ وَإِذَا آمَنَ دَخَلَ الْجَنَّةَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا عَمَلُ النَّارِ قَالَ الْكَذِبُ إِذَا كَذَبَ الْعَبْدُ فَجَرَ كَفَرَ وَإذَا كَفَرَ دَخَلَ يَعْنِي النَّارَ
(اخرجه أحمدفي الرسالة)
Dari Abdillah bin Umar bahwasanya seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW kemudian bertanya kepada Rasul. Apa itu amal surga? Rasul menjawab, “jujur, ketika seorang jujur maka dia telah melakukan perbuatan baik, dan bila ia berbuat baik maka dia akan aman/ selamat dan bila dia selamat, maka dia akan masuk surga.” Laki-laki itu bertanya, “Apa itu amal neraka?” Rasul menjawab, “Bohong, ketika seorang (hamba) berbohong maka dia telah berbuat salah. Ketika salah maka dia telah kafir dan apabila dia kafir maka dia masuk neraka.”
عَنْ أَبِي الحَوْارَءِ السَّعْدِيِّ قَالَ قُلْتُ لِلْحَسَنِ بْنِ عَلِي :مَا حَفِظْتَ مِنْ رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَمَ ؟ قَالَ حَفِظْتُ مَنْ رَسُوْلَ اللَّه صلى اللَّه عليه وسلم دَعُ مَا يَرِيْبُكَ إِلَى مَالَا يَرِيْبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِيْنَةُ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيْبَةُ(اخرجه الترمذي)
Dari Abi Khauro’ As-Sa’di, berkata, “Saya pernah bertanya kepada Hasan bin Ali: ‘Apa yang anda jaga dari Rasul?’ Hasan menjawab, ‘Dari beliau saya menghapal (semua hadits), tinggalkan apa yang membuatmu ragu menuju apa yang tidak meragukanmu (meyakinkanmu). Sungguh, kejujuran itu menenangkan dan sebaliknya kebohongan itu (melahirkan) keraguan.”

B.     Penjelasan Hadits tentang Jujur sebagai Prasarat Ilmiah dan Pahala Amaliah
Penjelasan Hadits:
عليكم بالصدق
Kata kata  الصدق  yang berarti jujur, terbagi dalam 6 bagian :
1.      Jujur dalam berbicara yaitu tidak berbicara bohong
2.      Jujur dalam niat yaitu ikhlas ( menjaga ma’na kejujuran dalam bermunajat atau mendekatkan diri kepada allah), 
3.      Jujur dalam bertekad (kemauan yang besar) pada hal yang baik yang telah kalian niatkan dalam artian menguatkan apa yang telah kita tekadkan 
4.      Jujur dalam menepati tekad yang kuat, kategori jujur kali ini ditujukan kepada penguasa yang mengumbar janji tatkala kampanye
5.      Jujur dalam beramal, maksudnya ketika dalam keadaan tertutup atau rahasia maupun terang terangan dia berperilaku dan berkata sama
6.      Jujur dalam maqomat seperti jujur dalam khauf dan roja’
Barang siapa yang dapat mempunyai sifat 6 tersebut maka seseorang tersebut mendapat predikat  صديق , apabila hanya sebagian yang terpenuhi dari sifat jujur tersebut maka mendapat predikat صادق  .
وقال الراغب : الصدق مطابقةالقول:الضمير والمخبرعنه
Ar roghib berkata jujur itu cocoknya berkataan dengan apa yang ada dihati kepada orang yang dikabari, apabila syarat tersebut tidak terpenuhi maka tidak disebut  jujur tetapi sebaliknya yaitu bohong , seperti orang munafiq ketika berkata محمد رسول الله  , dalam berbicara memang benar, jujur kepada yang dikabari tetapi dalam hatinya berbeda.
فان الصدق يهدي الى البر
Maksudnya bisa menyampaikan pada amal sholih, yang murni tanpa ada cela atau keburukan.
البر itu sebuah nama yang mencakup semua kebaikan, dan dikatakan pula bahwa البر بمعنى الجنة. Kebaikan disini dimaksudkan sebagai surga.
وان البر يهدي الى الجنة
وفي رواية اخرى :ان الصدق بر, وان البر يهدي الى الجنة
وما يزال الرجل يصدق 
Selalu jujur dalam keadaan apapun dan melakukan kejujuran terus menerus.
ويثحرى الصدق, حثى يكثب عند الله: صديقا 
واياكم والكذب فان الكذب يهدي الى الفجور وان الفجوريهدي الى النار
   الفجور: berpaling dari istiqomah, juga dapat dikatakan meningkatnya kemaksiatan.
ومايزال الرجل يكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عندالله كذابا  
Orang yang terus-menerus berbuat kebohongan akan dicap disisi Allah sebagai  كذابا, orang yang   كذاباdikenal malaikat sebagai ahli bohong, dan  kebohongan tersebut akan disampaikan ke hati  penduduk bumi (manusia), orang orang yang suka berbohong akan ditempeli sifat-sifat pembohong dan akan mendapatkan siksa.
Seorang hamba yang terus menerus berbuat kebohongan didalam hatinya akan ada satu titik, titik itu berwarna hitam, sehingga membuat hatinya menjadi hitam dan dicatat disisi allah sebagai pembohong.
Hadits ini menganjurkan agar selalu berkata jujur, sengaja berbuat jujur dan menikmati kejujuran, dan juga hadits ini memberikan peringatan agar takut berbicara bohong, mempermudah bohong, karena apabila sering mempermudah bohong akan memperbanyak dan menarik kebohongan  kebohongan yang lain.[2]
Penjelasan Lain:
Kata shidq adalah bentuk intensif dari shadiq, dan berarti orang yang diresapi oleh kebenaran. Kata shadiq (orang yang jujur) sendiri berasal dari kata shidq (kejujuran). Derajat paling rendah kejujuran adalah jika batin seseorang serasi dengan perbutan lahirnya. Shadiq adalah orang yang benar dalam kata-katanya. Shidq adalah orang yang benar dalam semua kata-kata, perbuatan dan keadaan batinnya.[3]
Al-Raghib dalam kitabnya Mufradat Al-Qur’an mengatakan: kata al-shidq (kejujuran) dan al-kidzb (kedustaan, kebohongan) pada mulanya dipakai untuk bentuk ucapan -yang berlalu atau akan tiba, berupa janji atau bukan- dalam bentuknya berita, pertanyaan atau tuntutan. Dimana kejujuran adalah ketepatan antara ucapan, isi hati, dan realitas yang diberitakan, dimana apabila syarat itu tidak terpenuhi maka bukanlah kejujuran, tetapi kedustaan atau diantara kejujuran dan kedustaan, seperti ucapan orang munafik.[4]
Barangsiapa yang menginginkan pahala, niscaya mudah baginya patuh akan aturan Allah SWT. Tetapi barangsiapa yang menganggapnya remeh, yaitu adanya surga, niscaya berat baginya untuk melaksanakannya. Bersikap jujur sangatlah ringan bagi mereka yang menginginkan pahala yang besar.[5]
Rasulullah memilih kata yahdi (menunjukkan), karena kejujuran itu menarik kesurga, sebagaimana surga itu membawa keneraka. Beliau juga memilih kata al-fujur (kejahatan) karena kata tersebut mencakup segala bentuk kejahatan.[6]
Petunjuk (menunjukkan) ialah penunjukan untuk sampai tujuan. Kejahatan (al-fujur) ialah menyobek tutup keagamaan, atau diartikan  sebagai kecondongan merusak dan semangat bermaksiat, yakni bahwa kata al-fujr mencakup semua keburukan, dimana asal kata al-fujr adalah bermakna sobekan yang luas.
Kejujuran atau kebenaran ialah nilai keutamaan dari yang utama-utama dan pusat akhlak, dimana dengan kejujuran maka suatu bangsa menjadi teratur, segala urusan menjadi tertib dan perjalanannya adalah perjalanan yang mulia. Kejujuran akan mengangkat harkat pelakunya ditengah manusia, maka ia menjadi orang terpercaya, pembicaraannya disukai, ia dicintai orang-orang, ucapannya diperhitungkan para pengusaha, persaksiannya diterima didepan pengadilan. Dengan ini Rasulullah SAW memerintahkan kita berkejujuran, sebagaimana juga Al-Qur’an memerintahkan kita didalam firman-Nya.[7]
Kebenaran dan kedustaan merupakan dua hal yang bertolak belakang. Kedustaan (al-kizb) merupakan final dari segala hal yang buruk dan sekaligus merupakan asal dari berbagai celaan (al-zamm) dengan segala natijah (hasil) yang jelek. Bertentangan dengan kedustaan yang mengarah cara berfikir yang negatif, maka kebenaran (as-shidq) adalah menginformasikan sesuatu sesuai dengan kenyataan, mengarah kepada cara berfikir yang positif.[8]