Senin, 01 Desember 2014

Ma’rifatullah



Makalah 
Ma’rifatullah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Tafsur Ayat Aqidah
Dosen Pengampu: Bapak mundzir


 


Disusun oleh:
Noor laila M. Habibah ()
Panji Aryo Permadi ( 124211080 )


FAKULTAS USHULUDDIN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2014

A. Pendahuluan
Pemahaman tentang iman ini adalah aqidah yang menjadi muatan kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah, ajaran yang dibawa oleh para Rasul-Nya, dan wasiat-Nya kepada umat-umat terdahulu maupun umat belakangan. Sesungguhnya Allah menjadikan aqidah ini berlaku umum bagi seluruh manusia dan kekal sepanjang masa karena ia mempunyai dampak yang jelas dan manfaat yang tampak dalam kehidupan individu maupun masyarakat.  
Ma’rifat kepada Allah, membangkitkan kebaikan-kebaikan, membina rasa senantiasa diawasi oleh Allah (muroqobah), memotivasi untuk mencari hal-hal yang luhur dan mulia, menjauhkan manusia dari sifat nista dan hina. Ma’rifat kepada para malaikat, mendorong sesorang untuk mencontoh sifat-sifat mereka (dlm hal kesucian) dan tolong menolong mereka dalam kebenaran dan kebaikan, sehingga mendorong manusia kepada kesadaran dan kewaspadaan yang sempurna sehingga yang timbul dari diri manusia adalah hal-hal yang mulia. Ma’rifat kepada kitab-kitab Allah, mendorong manusia untuk mengetahui manhaj (sistem kehidupan) yang digariskan Allah untuk umat manusia agar menempuh manhaj tersebut untuk mencapai kesempurnaan materi maupun etika. Ma’rifat kepada para Rasul,dimaksudkan untuk mengetahui langkah-langkah mereka dan meneladani apa yang mereka lalukan sebagaimana yang dikehendaki Allah untuk setiap umat manusia. Ma’rifat kepada hari akhir, sebagai pendorong yang paling kuat untuk mengerjakan kebaikan dan meninggalkan keburukan. Ma’rifat terhadap qadar, dapat memberikan bekal kepada seseorang dengan berbagai potensi dan kekuatan yang mampu menghadapi berbagai hambatandan kesulitan, dan dihadapannya persoalan-persoalan besar menjadi kecil.
Hal yang demikian (aqidah) dimaksudkan untuk membersihkan perilaku, menyucikan jiwa dan mengarahkan kepada nilai-nilai yang paling luhur, disamping ia merupakan kebenaran yang kokoh dan tidak berubah-ubah. Sehingga menanamkan aqidah kepada jiwa, merupakan cara yang paling tepat untuk mewujudkan unsur-unsur yang baik. Karena sesungguhnya aqidah merupakan sumber berbagai perasaan yang muia, lahan untuk menanamkan berbagai perasaan yang baik, dan tempat tumbuhnya perasaan yang luhur.



B. Pembahasan 
هُوَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الأرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (٤)
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy, Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya [1454]. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
(QS: Al hadid 4)
Tafsiran Ayat Tersebut:
1. Tafsir al misbah
Ayat yang lalu menyebut wujudnya yang tidak berawal dan tidak berakhir, kehadirannya yang nyata dan tersembunyi, serta kuasa serta ilmunya yang menyeluruh, kini ayat di atas menguraikan penciptaannya terhadap alam rayaserta seklumit dari perincian pengetahuaanya yang menyeluruh itu. Ayat di atas menegaskan bahwa: hanyak dia lah yang menciptakan langit yang berlapis tujuh itu dan bumi yang terhampar ini. Yakni alam raya seluruhnya dalam enam hari., yakni masa atau periode: kemudian Dia bersemayam di atas arsy, yakni dia berkuasa dan mengatur segala yang di ciptakannya sehingga berfungsi sebagaimana yang ia kehendaki jangan duga bahwa, setelah selesai di ciptakannya, Dia abaikan atau Dia tidak mengetahui lagi keadaan ciptaanya. Tidak! Dia dari saat ke saat secara berkesinambunganmengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, seperti air, berbagai kekayaan alam, fosil fosil makhluk yang telah mati, benih dan lain lain, dan mengetahui pula apa yang keluar darinya, seperti tumbuhan , binatang , barang  tambang, air, dan sebagainya, dan    mengetahui juga pa yang turun  dari langit , seperti malaikat, hujan, dan apa yang naik kepadanya, seperti uap, doa, amal-amal manusia, dan bukan hanyak itu, tetapi dia juga selalu  bbersama kamu dengan pengetahuan dan kuasa-Nya di mana saja kamu berada. Dan allah maha melihat apa yang kamu kerjakan secara lahir maupun batin, nyata maupun tersembunyi.  

2. Tafsir al qur’anul karim
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari[7]; kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy[8]. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi[9] dan apa yang keluar dari dalamnya[10], apa yang turun dari langit[11] dan apa yang naik ke sana[12]. Dan Dia bersama kamu[13] di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan[14].

[7]Dimulai dari hari Ahad dan diakhiri pada hari Jum’at. Adapun hari Sabtu, tidak terjadi penciptaan, karena ia adalah hari ketujuh, sehingga dari sanalah dinamakan Sabtu, yang artinya berhenti. 
Hari di sini menurut sebagian ulama seperti hari di dunia, namun ada yang berpendapat bahwa satu hari tersebut lamanya 1.000 tahun sebagaimana dinyatakan Mujahid dan Imam Ahmad, wallahu a’lam. 
[8] Bersemayam di atas 'Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah ‘Azza wa Jalla, di atas semua makhluk-Nya. 
[9] Seperti air hujan, benih, orang-orang yang telah mati dan lainnya. 
[10] Seperti tumbuhan, hewan dan barang tambang. 
[11] Seperti malaikat, taqdir, rezeki, rahmat dan azab. 
[12] Seperti malaikat, ruh, amal-amal, doa-doa hamba dan lainnya. 
[13] Dengan ilmu-Nya. Hal ini seperti dalam firman Allah Ta’ala, “Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tidak ada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tidak ada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (Terj. Al Mujaadilah: 7) Oleh karena itu, pada akhir ayat Allah Subhaanahu wa Ta'aala menjanjikan untuk memberikan balasan terhadap amal yang dikerjakan hamba. 
[14] Yakni Dia melihat amal yang muncul dari kamu dan apa yang muncul dari amal itu, baik atau buruk, lalu Dia akan memberikan balasan terhadapnya dan menjaganya untukmu. 


3. Tafsir jalalain
(Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari) yakni sebagaimana hari-hari di dunia; dimulai dari hari Ahad dan berakhir pada hari Jumat. (Kemudian Dia bersemayam/berkuasa di atas Arasy) di atas Al Kursiy sesuai dengan keagungan dan kebesaran-Nya (Dia mengetahui apa yang masuk) semua yang masuk (ke dalam bumi) seperti air hujan dan orang-orang yang mati (dan apa yang keluar daripadanya) seperti tumbuh-tumbuhan dan mineral (dan apa yang turun dari langit) seperti rahmat/hujan dan azab (dan apa yang naik kepada-Nya) seperti amal-amal saleh dan amal-amal yang buruk. (Dan Dia bersama kalian) melalui ilmu-Nya (di mana saja kalian berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kalian kerjakan).

4. Tafsir al maraghi
Dialah yang telah menciptakan langit yang tujuh dan bumi. Lalu mengatur dengan segala isinya dalam enam tahap yang berbeda-beda, kemudian dia bersemayam di atas arsy-Nya , yakni mengatasinya. 
Dia mengetahui makhluk apapun yang masuk ke dalam bumi. Maka tidak ada satupun yang tersembunyi oleh allah, dan mengetahui apa saja yang keluar dari bumi, yaitu tumbuh-tumbuhan, tanaman, buah-buahan maupun barang tambang, sebagaimana yang dia nyatakan dalam surah Al An’am 59
Dan dia mengetahuisegala sesuatu yang turun dari langit, seperti hujan dan para malaikat.dan mengetahui pula yang naik ke langit dari bumiseperti asap yang membumbung dan amal-amal saleh, sebagaimana Dia menyatakan dalam firman-Nya QS:Fatir 10
 Dan dia maha waspada terhadapmu, dimana saja kamu berada dan mengetahui rahasia dan bisikan hatimu, sebagaimana di firman-Nya surah Ar-Ra’d 10

5. Tafsir al qurthubi
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy” mengenai firman ini kami telah menjelaskan secara rinci pada tafsir surah Al A’raaf 54.
Apabila kita perhatikan secara tekstual pada kalimat ayat ini “Dia bersemayam di atas Arsy” dengan firman allah “ dan dia bersama kamu di mana saja kamu berada”  dan hal ini menunjukan bahwa kalimat tersebut menunjukan adanya pentakwilan. Namun dengan pentakwilan kalimat tersebut kita harus mengatakan di dalam al qur’an ada hal yang bertentangan, dan ini tidak di benarkan.
Bahkan apabila di gabungkan dengan riwayat dari imam abdul ma’ali maka ada tiga dalil yang bertentangan secara zhahir. Riwayat ini menyebutkan, bahwa kedekatan nabi Muhammad kepada allah ketika beliau di isra’mi’rajkan tidak sedekat nab yunus kepada allah ketika beliau di perut ikan paus. 
Oleh karena itu, ketiga dalil tersebut di kompromikan maknanya tidak di artikan satu persatu secara zhahir saja, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

C. Penutup
Kita yang telah mengenal dan mengetahui keberadaan Allah sudah sepatutnya apabila kita senantiasa mengabdikan diri secara bulat dan utuh semata-mata demi mengharapkan Keridoannya. Salah satu tanda bagi orang yang berma’rifat kepada allah adalah, bahwa ia senantiasa bersandar dan berserah diri kepada Allah semata. Apapun yang telah dan akan terjadi pada dirinya selalu diterima dengan baik. Apabila ia diberi kenikmatan ia bersyukur, sedang apabila ia mendapatkan musibah ia terima dengan sabar. 
Selain itu orang yang berma’rifat kepada Allah tidak pernah menyombongkan diri. Sebagi mahluk yang lemah dan tampa daya, manusia tidak bisa berbuat paa-apa kecuali atas pertolongan dan ijin-Nya. Menurut seorang ahli ma’rifat bernama al Junaid, bahwa seorang belum bisa disebut sebagai ahli ma’rifat sebelum dirinya mempunyai sifat-sifat :
a. Mengenal Allah secara mendalam, hingga seakan-akan dapat berhubungan secara langsung dengan-Nya.
b. Dalam beramal selalu berpedoman kepada petunjuk-petunjuk Rasulullah SAW.
c. Berserah diri kepada Allah dalm hal mengendalikan hawa nafsu.
d. Merasa ahwa dirinya adalah kepunyaan Allah dan kelak pasti akan kembali kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar