Senin, 01 Desember 2014

tAFSIR al-Qurthubi



I. PENDAHULUAN
Tafsir al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurthubi terkenal dengan nama tafsir al-Qurthubi. Tafsir ini lebih banyak menafsirkan ayat-ayat yang bernuansa fiqh dengan menampilkan pendapat imam-imam madzhab fiqh dan juga menampilkan hadis yang sesuai dengan masalah yang dibahas. Sehingga mempermudah masyarakat dalam mempelajari ilmu-ilmu fiqh, dan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan.
Sesuai dengan namanya tafsir ini menafsirkan  ayat-ayat yang mengandung hukum di Al Qur'an, metode yang ditempuh diantaranya menyebutkan sebab-sebab  Nuzul, mengemukakan macam qira’at, I’rab, menjelaskan lafadz yang gharib, menghubungkan pendapat yang menyatakannya, menyediakan paragraph khusus bagi kisah para mufasir dan berita-berita dari para ahli sejarah dan mengutip dari para ulama terdahulu yang terpercaya. Tafsir ini lebih condong menggunakan tafsir tahlili.  Tafsir ini merupakan salah satu kitab tafsir terbaik yang menafsirkan ayat-ayat hukum di dalam Al Qur'an.

II. PEMBAHASAN
A. Biografi Al-Qurthubi dan Karya-karyanya
Nama lengkap Al-Qurthubi adalah Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakar bin Farh Al Anshari Al Khazraji Al Andalui Al Qurthubi. Dia adalah seorang mufassir yang lahir dilingkungan keluarga petani di Cordova, Andalusia ( sekarang Spanyol) pada masa kekuasaan Bani Muwahhidun tahun 580 H/ 1184 M .  Disanalah dia mempelajari bahasa arab dan sya’ir serta Al-Qur’an Al Karim. Ia memperolah pengetahuan yang luas diantaranya dalam bidang fikih, nahwu dan qira’at, balaghah, ulumul Qur’an dan ilmu-ilmu lainnya. Ia datang ke Mesir dan menetap di sana . Ayahnya meninggal pada tanggal 03 Ramadhan 627 H / 16 juli 1230 M dalam sebuah serbuan musuh yang tiba-tiba menyerbu penduduk Cordova. Al-Qurthubi mempunyai 2 putra yaitu Abdullah dan Syaihabuddin Ahmad. Al-Qurthubi wafat di Mesir tepat pada malam senin tanggal 09 Syawal 761 H/29 April 1273 M. makamnya berada di Elmeniya ditimur sungai Nil dan sering diziarahi banyak orang. Tahun 1971 M di bangunlah masjid dengan nama masjid Al-Qurthubi. Ia hidup sampai berusia 89 menurut kalender masehi/ 91 menurut kalender hijriyyah.
Dia merupakan salah seorang hamba Allah yang shahih dan ulama yang sudah mencapai tingkatan ma’rifatullah. Ia sangat zuhud terhadap kehidupan dunia (tidak menyenanginya) bahkan ia selalu disibukkan oleh urusan-urusan akhirat. Usianya dihabiskan untuk beribadah kepada Allah dan menyusun kitab.  Ia juga seorang imam yang memiliki ilmu yang luas dan mendalam hingga banyak karyanya yang sangat bermanfaat dan menunjukan betapa luas pengetahuan dan sempurna kepandaiannya.
Adapun karya-karya Al-Qurthubi diantaranya adalah:
a. At-Tadzkirah fi Ahwal Al Mauta wa Umur Al Akhirah, merupakan sebuah kitab yang masih terus dicetak hingga sekarang, ditulis sebelum kitab tafsir Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an.
b. At-Tidzkar fi Afdhal Al Adzkar, masih dicetak hingga sekarang.
c. Al Asna fi Syarh Asma’illah Al Husna, menjelaskan seluruh  Al-Asma’ al-Husna  (nama-nama Allah ) yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.
d. Al I’lam bi maa fi Din An Nashara Min Al Mafashid wa Al Auham wa Izhar Mahasin Din al-Islam. terdiri dari 4 juz dalam satu jilid yang layak disebut sebagai buku kristologi, karena ia mengoreksi total tentang konsep ketuhanan Isa, tiga oknum dalam trinitas dan penyelewengan orang Kristen terhadap kitab sucinya (injil). 
e. Al-Jami’ li Aham al-Qur’an.
f. Syarh At- taqashshi
g. Qam’u Al Harsh bi Az Zuhd wa Al Qana’ah
h. Risalah fi Alqam al-Hadits
i. Kitab Al Aqdhiyyah
j.  Al Muqtabas fi Syarh Muwaththa’ Malik bin Anas
k. Al Luma’ fi Syarh Al ‘Isyrinat An-Nabawiyyah.
l. Al Mishbah fi Al Jami’ Baima al-af’aal wa Ash Shahah. Sebuah kitab tentang bahasa Arab yang merupakan hasil ringkasan Qurthubi terhadap kitab Al Af’aal karya Abu Al Qasim Ali bin Ja’far Al Qaththa’ dan kitab Ash Shahhah  karya jauhari 
Sedangkan Guru-guru Al Qurthubi diantaranya adalah:
1. Abu Al Abbas Ahmad bin Umar  bin Ibrahim al Maliki al Qurthubi, wafat pada tahun 656 H. dia adalah penulis kitab al Mufhim fi Syarh Shahih Muslim
2. Ibnu Rawwaj, yaitu imam Al- Muhaddits (ahli hadis)  Abu Muhammad Abdul Wahab bin Rawwaj. Nama aslinya adalah Zhafir bin Ali bin Futuh al-Azdi al Iskandarani al maliki.  Lahir di Iskadaria  (554 H/ 1159 M) , dan wafat pada tahun 648 H.
3. Ibnu Al Jumaizi, yaitu al Allamah Baha’uddin Abu Al Hasan Ali bin Hibatullah bin Salamah al Mashri  Asy Syafi’i. lahir di Mesir 559 H/ 1163 M dan wafat kamis 24 Dzulhijjah 649 H / 08 Maret 1252 M.
4. Al Hasan al Bakari,yaitu Al Hasan bin Muhammad bin Muhammad bin Amaruk At-Taimi an Naisaburi as-Dimsyaqi, sering dipanggil dengan nama Abu Ali Shadruddin Al Bakari. Lahir di Damaskus 574 H, wafat pada 12 Dzulhijjah 656 H/ 10 Desember 1258 M .


B. Sejarah dan Latar Belakang Penulisan Tafsir Al- Qurthubi
Kitab tafsir ini sering disebut dengan tafsir al-Qurtubi, karena tafsir ini adalah karya seorang yang mempunyai nisbah nama al-QurtubiJudul lengkap tafsir ini adalah al-Jami’ li Ahkam al-Quran wa al Mubayyin lima Tadammanah min al-Sunnah wa Ay al-Furqayang berarti kitab ini berisi himpunan hukum-hukum al-Quran dan penjelasan terhadap isi kandungannya dari al-Sunnah dan ayat-ayat al-Quran.
Di sini tidak di temukan data tentang dimulainya penulisan  tafsir Al-Qurthubi. Dalam muqaddimah tafsirnya hanya menjelaskan tujuan penulisan tafsir al Jami’ Li Ahkam al-Qur’an yaitu untuk menolak / memberikan jawaban pada orang-orang yang terjerumus dalam kesesatan dan juga untuk memperoleh pahala di akhirat.

C. Deskripsi Kitab Tafsir Karya al-Qurthubi
Tafsir Al Qurthubi biasa juga disebut dengan "Al Jami'u Li Ahkamil Qur'an", kitab ini diterbitkan oleh penerbit "Dar al-Kutub al-Ilmiah", Bairut, Lebanon tahun 1413-1993 H. kitab ini terdiri dari 10 jilid dan setiap jilid ada 2 juz, jadi jumlahnya ada 20 juz tafsir ini lengkap 30 juz.
D. Sistematika Penafsiran Kitab Tafsir al-Qurthubi
Secara umum, ada tiga jenis sistematika dalam penulisan kitab tafsir yaitu : pertama sistematika Mushhafi : penulisan kitab tafsir berpedoman pada urutan susunan surat dan ayat. Kedua sistematika Nuzuli  yaitu penulisan kitab tafsir berpedoman pada kronologi turunnya ayat-ayat al-Qur’an. Contoh tafsir al-hadits karya Muhammad Izzah Darwazah. Ketiga sistematika Mawdhu’I yaitu berdasarkan topik-topik tertentu dengan cara mengumpulkan ayat yang relevan dengan topic tertentu kemudian ditafsirkan.
Bila dilihat dari sistematikanya, tafsir al-Qurthubi termasuk dalam kategori sistematika Mushhaf yaitu memulainya dari QS. Al-Fatihah sampai berakhir dengan QS. Al Nas, sesuai urutan mushhaf al-Qur’an.
Adapun tata cara penafsirannya adalah:
1. Menyebutkan nama surat baik Madaniyah maupun Makiyyah
2. Menyebutkan jumlah ayat dalam surat yang ditafsirkan 
3. Terhadap nama surat tertentu, ia mencamtumkan nama surat yang berbeda dengan nama yang tercantum dalam cetakan mushhaf
4. Dalam Memasuki penafsiran ayat-ayat dalam al-Qur’an. Langkah-langkahnya adalah:
a. Menafsirkan ayat demi ayat sesuai dengan urutan mushhaf
b. Penafsiran dalam ayat-ayat ahkam lebih mengidentifikasi persoalan atau beberapa masalah yang berkaitan dengan hukum dalam ayat tersebut .
5. Memberikan kupasan dari segi bahasa
6. Menolak pendapat yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam .
E. Metode dan corak kitab tafsir al-Qurthubi
Tafsir Al-Qurthubi dapat dikategorikan sebagai tafsir  yang menggunakan metode tahlili karena menjelaskan kandungan ayat-ayat al-Qur’an dari berbagai seginya dengan memperhatikan runtutan ayat-ayat  al-Qur’an sebagaimana yang tercantum dalam mushhaf. Selain itu tafsir ini juga menggunakan metode ijmali karena pada ayat – ayat tertentu ia hanya menjelaskan secara global  dengan uraian yang ringkas. Metode muqaran juga dipakai khususnya ketika menafsirkan ayat-ayat ahkam, di sini ia membandingkan dan mendiskusikan beberapa pendapat ulama beserta masing-masing argumentasinya yang berbeda-beda sebelum ia men-tarjih (menentukan pilihan pendapat yang paling kuat). Di samping menggunakan metode muqaran dalam menafsirkan ayat-ayat ahkam Ia juga menggunakan metode semi maudhu’i ( belum menggunakan metode maudhu’I secara penuh), tidak jarang ia mengumpulkan beberapa ayat yang digabungkan pembahasannya dalam satu kesatuan topic hukum tertentu .
Adapun Corak tafsir al-Qurthubi lebih menonjol pemikiran fikihnya. Untuk mengawali tafsirnya Ia sengaja mencari legitimasi kepada pemahaman lughawi. Dari makna lughawi kemudian menuju makna teknis (syar’i), bagaimana pengamalannya oleh Nabi dan para Sahabat. Bukan sesuatu yang aneh menonjolnya corak fiqih dalam tafsir ak-Qurthubi karena memang dari awal tafsirnya berjudul al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an ( menghimpun hukum (fiqih) dari ayat-ayat al-Qur’an), namun konsep-konsep fiqih yang ditonjolkannya terkesan netral, tidak fanatic pada madzhab maliki yang dianutnya ataupun madzhab-madzhab lainnya. Ia tampak selalu merujuk kepada pemahaman bahasa pengamalan Nabi dan Sahabat  terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan kasus yang di hadapinya. Berdasarkan kondisi tersebut dapat dikatakan bahwa penafsiran Al-Qurthubi cukup objektif dan didukung oleh argument yang kuat serta fakta sejarah yang valid. Sehingga tampak jelas bentuk tafsir yang disuguhkan berupa pemikiran (al-ra’y) yang terfokus pada corak fikih, dengan menggunakan metode analitis (tahlili), maka tidak salah bila kitab tafsirnya juga bisa disebut sebagai fiqih oriented .   
F. Contoh Penafsiran dalam Kitab Tafsir al-Qurthubi
والمحصنات من الذين أوتوا الكتاب من قبلكم إذا اتيتمو هنّ أجورهنّ……( الماءدة :۵
قوله تعالى : “والمحصنات”…. والتحصن: التمن : ومنه الحصن لأ نه يمتنع فيه, ومنه قوله تعالى : “وعلمناه صنعة لبوس لكم لتحصنكم من بأسكم ” (الانبياء: ٧۰) اى لتمنكم , ومنه الحصان للفرس (بكسر الحاء) لانه يمنع صاحبه من الهلاك . والحصان (بفتح الحاء) : المرأة العفيفة لمنعها نفسها من الهلاك. وحصنت المرأة تحصن فهى حصان.

وروي عن ابن عباس فى قوله تعالى : “والمحصنات من الذين أوتوا الكتاب “. هو على العهد دون دار الحرب فيكون خاصا. وقال غيره : يجوز نكاح الذمية والحربية لعموم الاية. وروى عن ابن عباس انه قال: “المحصنات ” العفيفات العاقلات. وقال الشعبى : هو أن تحصن فرجها فلا نزنى, وتغتسل من الجنابة. وقرأ الشعبى “والمحصنات” بكسر الصاد, وبه قرأ الكسائ. وقال مجاهد: “المحصنات” الحرائر , قال أبو عبيد : يذب الى أنه لا يحل نكاح إماء أهل الكتاب, لقوله تعالى: ” فمن ما ملكت أيما نكم من فتياتكم المؤمنات” (النساء : ۲۵) وهذا القول الذى عليه جلة العلماء.
al-tahashun adalah sesuatu yang terpelihara dan terjaga baik: dari akar kata ini diambil kosa kata al-hisn /benteng karena dengan benteng itu orang dapat bertahan dan selamat. Dalam konteks ini Allah berfirman: “Dan kami mengajarinya (Nabi Dawud) membuat baju besi agar dapat menyelamatkan kau dalam pertempuran” (al-Anbiya’: 80) artinya dengan berbaju itu kamu menjadi terpelihara dan terjaga (dari cidera dalam pertempuran). Lafal al-hishan (dengan huruf ha’ berbaris dibawah الحيصان) yang berarti kuda jantan juga berasal dari akar kata ini karena kuda memang dapat mencegah pemiliknya dari kecelakaan. Tapi al-hashan (dengan huruf ha’ berbaris diatas الحصان) berarti al-afifat (perempuan baik-baik) karena kepribadiannya yang baik itu dapat menjaga darinya kehancuran. Perempuan yang pandai menjaga dirinya akan selalu terpelihar sehingga dia menjadi seorang yang terpelihara baik
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas berkenaan dengan firman Allah perempuan baik-baik dari mereka yang telah diberi kitab yaitu mereka yang mempunyai perjanjian damai dengan pemerintahan Islam bukan yang berada diwilayah perangjadi ayat itu berkonotasi khusus, (tidak umum bagi semua perempuan kafir). Tapi ada yang berpendapat bahwa konotasi ayat itu umum pada semua perempuan kafir, baik yang zimmiyah, maupun yang harbiyat.
G. Sumber Penafsiran
Diantara kitab-kitab yang dijadikan rujukan dlam penulisan tafsir al-Qurthubi diantaranya adalah:
1. Sumber berupa kitab hadis,
  Seperti shahih muslim, shahih al-bukhari, sunan abi daud, sunan ibn majah, musnad imam ahmad, musnad al darimi, musnad al bazzar dan al muwaththa’ karya imam malik.
2. Sumber berupa tafsir beberapa tokoh, 
Seperti Abu Ja’far al-Thabari (w. 310 H/922 M), al Nahhas (w. 338 H/949 M), Abu Bakr al-Razi al-Hanafi (w. 370 H/980 M), al-Tsa’labi 9w. 427 H/ 1036 M), Ibn ‘Athiyyah (w. 541 H/ 1146 M), Ibn al Farra’ (w. 516 H/1122 M), Abul al Hasan Ali bin Muhammad al-Thabari (al-Kiya al-Harasi) (w. 504 H/ 1110 M), al-Zumakhsyari (w. 538 H/1143 M), al-Thurthusyi (w. 520 H/ 1126 M), Ibn al-Arabi ( w. 543 H/ 1148 M ) .
H. Analisis Kelebihan dan Kekurangan Tafsir Al-Qurthubi 
Kelebihan Tafsir Al-Qurthubi
a. Memuat hukum-hukum yang terdapat dalam Al-Qur’an  dengan pembahasan yang luas
b. Hadis-hadis yang ada di dalamnya di takhrij dan pada umumnya disandarkan langsung kepada orang yang meriwayatkannya .
c. Al-Qurthubi sedikit sekali menyebutkan cerita-cerita Isra’iliyat dan hadis-hadis maudhu’. 
d. Ketika menyebut sebagian cerita Isra’iliyat dan hadis Maudhu’ yang menodai kesucian para malaikat dan para Nabi atau tidak sejalan dengan prinsip islam, Ia menyatakan cerita itu batil / hadis tersebut bersetatus dha’if atau selalu menyertai dengan penolakan dan pembatalan.
Kekurangan Tafsir Al-Qurthubi
a. Adanya sejumlah cerita  Isra’iliyat yang dipaparkan al-Qurthubi ketika menjelaskan sebagian ayat. seperti firman Allah pada QS. Yusuf ayat: 24
ôs)s9ur ôM£Jyd ¾ÏmÎ/ ( §Nydur $pkÍ5 Iwöqs9 br& #u䧠z`»ydöç/ ¾ÏmÎn/u 4 y7Ï9ºxŸ2 t$ÎŽóÇuZÏ9 çm÷Ztã uäþq¡9$# uä!$t±ósxÿø9$#ur 4 ¼çm¯RÎ) ô`ÏB $tRÏŠ$t6Ïã šúüÅÁn=øÜßJø9$# ÇËÍÈ   
24. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata Dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya . Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu Termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.
Berkenaan dengan tanda yang terang dari Tuhan (burhan) itu, beliau mengemukakan perkara-perkara Isra’iliyat yang tidak shahih.
b. Melakukan pengutipan dari sebagian kitab tanpa memberikan isyarat ataupun penegasan .
I. Pendapat para ulama tentang tafsir al qurthubi







III. PENUTUP
Kesimpulan
Al-Qurtubi adalah pengarang kitab tafsir al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an yaitu seorang mufasir yang bermazhab Maliki yang hidup di Andalus. Tafsir yang ditulisnya tersebut menggunakan sistematika Mushafi, metode Tahlili, berbentuk tafsir ra’y dan bercorak fiqhi mazhab Maliki dengan tidak terlalu terkait dengan mazhabnya. 
Adapun perbedaan yang mencolok antara kitab tafsir al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an dengan kitab tafsir ahkam al-Qur'an sebelumnya yaitu tafsir ini lebih istimewa karena tidak terbatas dalam menafsirkan ayat-ayat hukum dan persoalan fiqhi saja, tetapi lebih dari itu yaitu mencakup semua aspek tafsir dan ayat-ayat yang tidak berkenaan dengan hukum saja.

DAFTAR PUSTAKA
Al-Qattan, Manna’ Khalil, Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2012.
Al-Qurthubi, Syaikh Imam, Tarsir al-Qurthubi terj. Al Jami’ li ahkam Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.
Baidan, Nashrudin, Wawasan Baru Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Fawdah, Mahmud Basuni, Tafsir-tafsir Al-Qur’an, Bandung: Pustaka, 1987.
Ilyas, Hamim Ilyas, Studi Kitab Tafsir, Yogyakarta: Teras, 2004.
Imroni, Mohammad Arja, Konstruksi Metodologi Tafsir Al-Qurthubi, Semarang: Walisongo Press, 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar