Senin, 01 Desember 2014

Pemikiran Mushtafa Siba’i Tentang Kritik Hadis




A. Pendahuluan
Hadits sebagai sumber ajaran islam yang kedua –seperti yang banyak dibahas dalam beberapa literatur- setelah al-Quran, bagi umat islam yang mempercayainya, merupakan khazanah dan warisan yang sangat berharga. Untuk membuktikan itu, mereka melakukan berbagai upaya menjaga dan memelihara dari berbagai upaya negatif yang dilakukan pihak-pihak yang akan mengotorinya. Karena jika hadits yang di dalamnya memuat pernyataan, pengamalan, pengakuan, dan segala hal ihwal tentang Nabi Muhamamd SAW. Tidak dipelihara maka ajaran islam tidak akan seimbang.
Berdasar pada perlunya suatu metode yang standard dan benar dalam penilaian dan penelitian sunnah, menunjukkan betapa besar keseriusan umat Islam dalam melestarikan sunnah sebagai sumber pokok ajaran agama. Hal ini dapat dilihat dari keseriusan dan kesungguhna para sahabat dalam mendapatkan, menjaga kemurnian sunnah. Para sahabat terobsesi untuk mengikuti segala apa yang mereka lihat dan dengar dari Nabi SAW. Mereka bertekad untuk mendata sunnah Rasulullah. Karenanya ada di antara mereka yang mengadakan giliran mengikuti majelis-majelis ilmu yang dilaksanakan Nabi SAW. Mereka yang tidak bisa menghadiri majlis ilmu Nabi SAW dapat memperoleh keterangan-keterangan melalui sahabat lain yang menyertai Nabi. Demikian itu mereka lakukan secara bergantian dan terus menerus.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Biografi mushtafa siba’i?
2. Bagaimana Pemikiran kritik hadis mushtafa siba’i?
C. Pembahasan
1. Biografi Mushtafa Siba’i
Nama lengkapnya adalah Mushthafa bin Husni al-Siba’i. Ia lebih dikenal dengan nama al-Siba’i. Dilahirkan di kota Hims, Syria pada tahun 1915 M, bertepatan dengan tahun 1333 H. Ia berasal dari kalangan ulama. Ayah dan kakeknya adalah seorang khatib terkenal di Masjid raya Hims. Dalam dunia islam al-Siba’i dikenal sebagai seorang tokoh gerakan islam yang alim dan faqih. Beliau memulai pendidikannya di kampung halamannya, mulai ilmu agama, keorganisasian, maupun politik yang langsung ditimba dari ayahnya. Al-Siba’i amat terwarnai oleh sosok sang ayah, Syeikh Husni Al-Siba`i. Seorang Ulama yang gigih menantang kaum imperialis. Ayahnya berjuang dengan harta dan jiwanya dalam menghadapi penjajahan Perancis. Al-Siba`i pun kerap mengikuti pengajian yang dibawakan oleh ayahnya.
kemudian pada usia ke-18 tahun ia melanjutkan pendidikannya ke al-Azhar Mesir hingga menyelesaikan pendidikan Doktor dalam bidang Syari’ah dan Sejarah Pemikiran Hukum Islam. Di kota inilah pula al-Siba’I memulai perkembangan intelektualnya, dan bahkan terjun ke aktivitas politik dengan bergabung dengan Hasan al-Banna, tokoh Ikhwan al-Muslimin.
Setahun setelah menyelesaikan program doktornya, al-Siba’I pulang ke kampung halamnnya pada tahun 1950. Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang memposisikan dirinya sebagai ahli hukum atau syari’at Islam dan sejarah, yang juga mendudukannya sebagai tokoh yang ahli dalam disiplin hadits dan sejarah, ia aktif mengajar di perguruan tinggi, di organisasi keislaman dan di dunia penerbitan.
Adapun karya-karyanya, antara lain:
a. As-Sunnah Wa makanatuha Fî At Tasyri
b. al-mar’ah Baina al-Fiqh wa al-Qanun
c. Hakadza ‘Allamatni al-hayāh, 
d. al-Sirah annabawiyah Durus wa ‘Ibar, 
e. al- Din wa ad-daulah Fi al-Islām, 
f. al-isytisyraq wa Al-musytasyriqunm (Orientalisme dan kaum Orientalis). 
g. Jihâduna Fi Falistin, 
h. Manhajuna Fi Al-islhah, 
i. As-shira Bainal qalb wal `Aql

2. Pemikiran Kritik Hadis Mushtafa Siba’i
a. Kodifikasi hadis
Kodifikasi hadits adalah upaya, pengumpulan dan pembukuan hadits dalam satu kitab atau mushaf. Musthafa as-Siba’i berpendapat tentang  pembukuan hadits, bahwa tidak ada perselisihan pendapat di antara para penulis biografi Nabi dan para ulama Hadits dan para shahabat, bahwa al-Qur’an mendapat perhatian yang khusus dari Nabi SAW, sehingga terpelihara dalam hafalan dan tertulis dalam lembaran-lembaran, pelepah kurna, batu lempengan dan lain-lain. Karena itu wajar ketika Rasulullah SAW wafat al-Qur’an tetap utuh dan tertib, tidak ada yang kurang, kecuali belum disatukan dalam satu mushaf.
Selanjutnya, bagaimnakah dengan nasib Hadits. Sebenarnya tidak terdapat perbedaan pendapat bahwa hadits atau sunnah memang belum di tercatat secara resmi seperti tercatatnya al-Qur’an. Keadaan demikian, menurut Musthafa al-Siba’I sebagaimana yang dikutip oleh M. Erfan Soebahar setidaknya dikarenakan tiga sebab. Pertama, bahwa Rasul SAW hidup bersama sahabat selama 23 tahun sehingga menuliskan ucapan, perbuatan dan pergaulana beliau secara utuh dalam mushaf dan lembaran-lembaran adalah suit dilakukan dari segi masalah lokasi. Sebab, hal itu membutuhkan adanya banyak orang (sahabat), sementara pada waktu itu orang yang mampu menulis masih sangat sedikit. Kedua, bahwa mayoritas orang Arab meyandarkan hafalan mereka kepada ingatan, sementara pada waktu itu para sahabat masih terkonsentrasi untuk menghafal al-Qur’an. Ketiga, bahwa adanya kekhawatiran tercampurnya al-Qur’an dengan hadits nabi yang sangat banyak konteksnya.
b. Teori  ta’dil dan al-jarh dalam penelitian sanad 

Ta’dil dalam term ‘Ulum al-Hadits mempunyai arti penilaian terhadap kualitas kredibilitas atau tingkat keadilan perawi hadits. Perawi hadits dapat dikatakan adil atau memiliki kredibiltas yang tinggi apabila dalam pribadi perawi hadits terintegrasi aspek spiritualitas,moral, dan intelegensi yang tinggi. Kalau sudah demikian, maka periwatannya dapat diterima. 
Adapun Al-Jarh mempunyai makna orisinalnya berkisar pada keinginan mencari cela, luka dengan tujuan untuk menyelamatkan sesuatu, bukan didasari oleh rasa benci, dendam atau sentimentil. Dalam konteks hadits dapat dikatakan bahwa al-jarh dilakukan untuk menyelamatkan hadits dari suatu yang mencemarinya., sehingga sesuatu yang dilukai atau dicela berakibat rendahnya kredibilitas atau tingkat keadilan perawi hadits. Kredibilitas yang disorot dari perawi hadits adalah hal-hal yang berkaitan dengan spiritualitas, moral dan intelegensi. Jika dari aspek-aspek tersebut tidak dapat dipenuhi oleh perawi hadits, maka kualifikasi perawi hadits tersebut memiliki kredibilitas yang rendah. Dengan demikian, dapat berakibat periwayatannya lemah atau ditolak. 
Dalam hal ini Musthafa al-Siba’I menuturkan bahwa penilaian ta’dil dan al-Jarh terhadap seorang perawi harus didasari pengetahuan yang obyektif tentang keadaan seorang perawi. Jika seorang perawi jujur, beriman, dan mempunyai daya hafal yang kuat, maka perawi tersebut dapat dikatakan adil. Dan sebaliknya jika seorang perawi sudah diketahui kebohongan, kefasikan, dan daya hafalnya yang rendah, maka perawi tersebut dapat dikatakan cacat. Subyektifitas yang dilatar belakangi oleh perbedaan madzhab tidak dapat dijadikan alasan untuk menta’dil atau menjarh seseorang. 
D. Penutup
Dengan latar belakang kehidupan yang begitu keras, maka tidak heran kalau al-Siba’i mengungkapkan pemikiran dan bantahannya dengan kata-kata yang pedas. Pemikirannya yang ia kemukakan hanyalah sebagai pembelaan terhadap sunnah. Beliau menguatkan pendapat-pendapat ulama terdahulu, ia menunjukkan argumen-argumen yang ditunjukkan untuk menfilter serangan-serangan para orientalis dan orang-orang inkar sunnah, lebih-lebih mengenai kodifikasi hadis yang pusat perdebatan mengenainya berada pada tokoh-tokoh sentral seperti ‘Umar ibn ‘Abd al-‘Aziz dan Syihab al-Din al-Zuhri. Ia seringkali digelari dengan gelar yang sama sebagaimana al-Syafi’i, yaitu Nashir al-Sunnah (pembela sunnah), karena sifatnya yang dikatakan membela sunnah.

Daftar Pustaka
Khair ad-Din az-Zirikli, al-Alam QamusTarajum, Juz VII
John L. Esposito, “al-Siba’I, Musthafa”, The Oxford Encyclopedia The Modern Islamic World, (New York: Oxford University Press, 1995), 
M. Erfan Subahar, Menguak Keabsahan as-Sunnah, (Jakarta: Prenada Media, 2003)
Musthafa as-Siba’I, As-Sunnah wa Makanatuha fi at-Tasyri’ al-Islami,(Beirut: Maktabah al-Islami, 1978),
M. Syuhudi Ismail, Kaedah Kesahihan Sanad Hadits, (Jakarta: Bulan Bintang, 1995)
‘Ajjaj al-Khatib, Ushul al-Hadits, Ulumuhu wa Musthalahuhu, (Beirut: Dar al-Fikr, 1989)
Musthafa al-Siba’I, as-Sunnah

1 komentar:

  1. Harrah's Ak-Chin Casino & Hotel, Ak-Chin, CA Jobs - Mapyro
    Find Harrah's Ak-Chin Casino & Hotel, 공주 출장마사지 Ak-Chin Jobs near you from $69 충청남도 출장마사지 - $61 Harrah's 익산 출장마사지 Ak-Chin Casino and 제주도 출장샵 Hotel, 제주도 출장마사지 Ak-Chin.

    BalasHapus